Pemerhati Gerakan Jihad: Konflik di Suriah, Perang Islam vs Syi’ah

Pemerhati gerakan jihad internasional, Ustadz Dr H Amir Mahmud menjelaskan bahwa, konflik yang terjadi di Suriah sekarang ini merupakan peperangan aqidah antara agama Islam dan agama Syi’ah.

Komunitas Islam yang diwakili para mujahidin lokal dan rakyat Suriah yang mayoritas beragama Islam, melawan komunitas Syi’ah yang minoritas namun berkuasa, yang diwakili rezim Syi’ah Nushoriyyah pimpinan Bashar Al-Assad.

“Ya menurut saya sekarang ini bahwa di sana itu perlawanan kaum muslimin terhadap rezim Syi’ah yang berkuasa. Nah, kan sekarang sudah jelas, rezim yang berkuasa di Suriah itu Syi’ah Nushoiriyyah. Nushoiriyyah itu lebih Kafir dari Yahudi dan Nashrani,” kata Ustadz Amir kepada voa-islam.com pada Senin (8/7/2013).

Peperangan yang terjadi di Suriah, kata Ustadz Amir, tidak hanya pertarungan sesama penduduk Suriah. Namun sekarang ini, banyak kaum muslimin dan mujahidin dari berbagai negara, baik dari benua Asia, Eropa, Amerika dan Afrika yang datang untuk membantu umat Islam di Suriah.

…Ya menurut saya sekarang ini bahwa di sana itu perlawanan kaum muslimin terhadap rezim Syi’ah yang berkuasa. Nah, kan sekarang sudah jelas, rezim yang berkuasa di Suriah itu Syi’ah Nushoiriyyah. Nushoiriyyah itu lebih Kafir dari Yahudi dan Nashrani…

Sama halnya dengan para mujahidin yang datang ke Suriah untuk membantu saudara sesama muslim mereka yang dibantai rezim Syi’ah Nushoiriyyah, kaum Syi’ah juga banyak yang berdatangan dari luar Suriah untuk membantu Bashar Assad.

Yang paling nampak yakni milisi Syi’ah dari Iran, Iraq, Turki, dan Syi’ah Hizbullah dari Libanon. Bahkan secara terang-terangan, negara-negara komunis yang selama ini terkenal punya hubungan baik dengan Syi’ah seperti Rusia dan China juga mengirmkan bantuannya.

“Sekarang ini yang terjadi di Suriah itukan sudah banyak gerakan-gerakan Syi’ah yang masuk ke dalam beberapa komunitas di sana (di Suriah -red). Sehingga di sini (di dalam konflik di Suriah -red) yang terjadi adalah ini sudah masuk persoalan-persoalan yang berkenaan dengan penyerangan-penyerangan,” ungkapnya.

…Sekarang ini yang terjadi di Suriah itukan sudah banyak gerakan-gerakan Syi’ah yang masuk ke dalam beberapa komunitas di sana (di Suriah -red)…

Untuk itu, alumni akademi militer Afghanistan ini mengingatkan kaum muslimin di Indonesia dan dunia internasional agar jeli melihat konflik yang terjadi di Suriah. Karena persoalan di Suriah bukan semata-mata konflik sosial antar warga, namun sudah masuk ranah perang aqidah.

Selain itu, Ustadz Amir juga menyatakan, seorang muslim harus jeli pula melihat alasan yang melatarbelakangi kaum muslimin di Suriah melawan rezim Syi’ah hingga terjadi pemberontakan besar-besaran. Hal itu karena umat Islam di sana sudah mengalami penindasan yang luar biasa.

“Maka oleh karena itu, ketika penyerangan ini sudah masuk kepada pemberontakan, sudah merusak dan sebagainya, maka sebagai seorang muslim itu harus betul-betul mampu menilai. Dalam arti kata, siapakah sebenarnya dibalik ini semua? Dibalik kerusuhan, dibalik pengrusakan daripada negara Suriah itu sendiri,” tegasnya. [Khalid Khalifah]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: